Sikap Disiplin

Makna disiplin: menurut Ensiklopedia bebas:

menunjukkan sikap taat dan patuh terhadap nilai-nilai moral dalam melakukan segala kegiatan termasuk dalam melaksanakan pekerjaan sehari-hari.

Bagi saya sikap disiplin berarti sikap yang tidak berubah-ubah memegang teguh aturan terutama aturan yang ditetapkan oleh diri sendiri.

Seorang pendidik seyogyanya menanamkan sikap disiplin terutama bagi dirinya sendiri sebelum menerapkan pola disiplin pada anak didiknya.

Sikap disiplin diri pendidik dapat tercermin dalam berbagai hal. Diantaranya:

1. Disiplin waktu. Guru haruslah berusaha menghargai waktu dengan cara menunjukkan perilaku tepat waktu. Tepat waktu dalam kehadiran di kelas , dalam artian: tidak datang terlambat, tidak keluar sebelum bel usai pelajaran berbunyi (juga pada saat mengawas ujian/ulangan umum);tepat waktu dalam mengerjakan tugas-tugas tambahan, seperti mengerjakan administrasi guru, pemberian/penulisan nilai untuk raport;tepat waktu dalam mengajar/menyampaikan materi, antara lain: tidak bertele-tele, sehingga membahas suatu materi menjadi terlalu panjang (padahal murid sudah paham/menguasai).

2. Disiplin dalam memberikan penilaian. Penilaian terhadap siswa terus menerus dilakukan dalam pertemuan harian, mingguan maupun penilaian di akhir semester. Pemberian penilaian pun tidak asal-asalan, harus memperhatikan kaidah-kaidah penilaian, seperti: sikap siswa selama belajar, penguasaan siswa terhadap materi, dan kehadiran siswa.

Beberapa guru sementara ini  melakukan penilaian terhadap siswa berdasarkan kedekatan antara guru dengan siswa, atau memukul rata nilai (semua siswa diberi nilai yang sama bahkan untuk nilai ujian akhir dan nilai raport).

Mengapa demikian? Beberapa alasan yang dikemukakan: siswa A selalu menuruti perintah guru bahkan untuk melakukan hal-hal di luar pelajaran, kemalasan memeriksa hasil kerja siswa, keengganan untuk melakukan penghitungan akhir terhadap nilai-nilai siswa selama satu semester.  Akibatnya, pada saat siswa-siswa menerima hasil belajar mereka setelah satu semester, banyak yang merasa tidak puas karena nilai bagi mereka yang rajin dan bersemangat belajar tidak berbeda dengan yang malas, bahkan jarang hadir/mengikuti pelajaran dan tidak mengikuti ujian.

3. Displin dalam bersikap. Seorang pendidik (guru maupun kepala sekolah) selalu menekankan kepada siswa-siswanya untuk selalu taat mematuhi aturan sekolah. Bagaimana dengan pendidik itu sendiri?

Bila memang saatnya mengajar di dalam kelas, tetap hadir dalam kelas bukan mengerjakan hal-hal lain di luar kelas bahkan di luar sekolah. Bila harus melakukan pengawasan selama ujian berlangsung, lakukanlah dengan tetap berada dalam ruang ujian sampai bel tanda usai ujian berbunyi.

Bila siswa diwajibkan bersikap tenang selama upacara bendera maka guru pun bersikap diam, tidak sibuk berdiskusi (dilakukan di depan barisan siswa).

Para siswa dianjurkan untuk menjaga kebersihan dan keindahan lingkungan terutama lingkungan sekolah, maka pendidik pun tidak akan membuang sampah sembarangan, misalnya; atau membawa pulang tanaman-tanaman yang diperuntukkan untuk penghijauan di sekolah.

Pendidik yang baik tidak akan melakukan tindakan kasar atau semena-mena terhadap muridnya, karena sikap kasar akan membekas di hati para siswa, bahkan mungkin akan menjadi contoh bersikap oleh mereka.

Dengan teguh bersikap lembut, ramah, sopan kepada siswa maka secara tidak langsung pendidik memberikan pendidikan akhlak.

Bila sikap-sikap disiplin tersebut dilakukan oleh para pendidik, maka dengan sendirinya siswa akan bersikap sama dan pelajaran pun berjalan menyenangkan, hasil akhir yang diharapkan pun tercapai dengan memuaskan.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: